Kamis, 21 Juli 2011

Jenderal Mantaufel


Jenderal Mantaufel (paling kiri)

Jenderal Hasso von Mantaufel merupakan salah satu jenderal Hitler yang memiliki reputasi cemerlang. Pengalaman tempur dan prestasi Jenderal Mantauffel sudah sangat banyak serta beberapa kali pernah terluka parah. Prestasi yang mampu mencuatkan nama Jenderal Mantauffel adalah ketika memimpin pasukan panzer itu terlibat perang dalam Battle of Bulge. Ketika Hitler melancarkan serangan kilat dan rahasia The Battle of Bulge atau The Battle of Ardennes, hanya ada dua jenderal yang tahu rencana serangan itu, Marsekal Model dan Jenderal Mantauffel sendiri. Serangan balik Hitler untuk memukul mundur pasukan sekutu yang berada di wilayah Jerman itu sukes karena kekuatan sekutu di pegunungan Ardennes berhasil dipukul mundur sejauh 50 km. Salah satu penentu serangan itu adalah armada ratusan lapis baja yang dikomandani oleh Mantauffel.Jenderal. Ketika menggempur posisi sekutu, Mantauffel memimpin 5th Panzer Army terbukti mampu menembus pertahanan sekutu dan terus melakukan ofensif.

Tak hanya di Battle of Bulge General der Panzertruppe Mantauffel berjaya, saat berlaga di Moskow dan pasukan Nazi banyak yang tewas oleh musim dingin, pasukan panser Mantauffel justru memperoleh kemajuan. Resimen panser Mantauffel berhasil menguasai jembatan penghubung Volga-Moskow, kendati tak lama kemudian, pasukan Mantauffel harus meninggalkan jembatan itu mengingat pasukan Nazi lainnya tak kunjung datang. Mantauffel dan pasukannya juga bertugas di Prancis dan Tunisia. Di dua negara ini, Mantauffel banyak menunjukkan prestasi karena sukses merebut sejumlah kota penting dan berhasil memukul mundur pasukan Inggris sewaktu bertempur di kota Sedjene, Prancis.

Selama bertugas di medan laga Jenderal Mantauffel pernah memimpin sejumlah divisi panzer, seperti Komandan 7th Panzer Divison di front Eropa Timur: Divisi panzer Mantaueffel ini bahkan pernah mendapat julukan sebagai Ghost Division berkat strategi dan kemampuan tempurnya yang demikian hebat. Selama bertempur di Front Rusia, Mantauffel juga sempat memimpin Panzer Grenadier Division GroBdeutschland dan terlibat perang di hampir semua kota Rusia.

Dalam perang di Rusia ini, kendaraan panzer komando yang ditumpangi Mantauffel berhasil ditembak oleh AU Rusia sehingga Mantauffel mengalami luka parah. Secara keseluruhan, Jenderal Mantaueffel termasuk komandan yang bertempur sampai kekuatan Jerman habis dan kemudian menyeran kepada Sekutu pada bulan Mei 1945. Jenderal Mantaueffel meninggal pada 24 September 1978 dan dikebumikan di kota Reith, Austria


sumber : http://sejarahperang.com/2011/07/09/jenderal-mantaufel/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons